ABAH

ABAH
Romo K.H Masruri AM

Sabtu, 05 Juni 2010

Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) / Madrasah Aliyah Umum (MAU)

Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) / Madrasah Aliyah Umum (MAU)

Pendahuluan

Madrasah Aliyah Alhikmah 2 Terpadu merupakan subsistem dari Pondok Pesantren Alhikmah yang berlokasi di desa Benda, Sirampog, Brebes, Jawa Tengah. Secara geografis Madrasah Aliyah Alhikmah 2 Terpadu terletak di kaki bukit Gunung Slamet yang potensi pertaniannya sangat baik karena sawah dapat ditanami sepanjang musim. Sebagian besar penduduknya mengandalkan hidupnya dengan bertani, buruh tani, dan berdagang. Kehadiran pondok pesantren Alhikmah memberi pengaruh yang signifikan bagi perkembangan perekonomian masyarakat sekitar. Hal ini dikarenakan maraknya warung makan dan jasa angkutan mengingat jumlah santri pondok pesantren relatif banyak ( 6000 santri).
Selain Madrasah Aliyah Alhikmah 2 Terpadu ada beberapa sekolah yang bernaung di bawah Yayasan Pondok Pesantren Alhikmah yaitu : MI Alhikmah, SMP dan MTs Alhikmah, SMU Alhikmah, SMK Alhikmah, dan AKPER Alhikmah. Dengan adanya lembaga–lembaga tersebut memberikan kontribusi yang positif bagi Madrasah Aliyah Alhikmah 2 Terpadu untuk bekerja sama secara horizontal maupun vertical. Kerja sama horizontal yang dimaksud adalah dengan lembaga setingkat yakni SMU/SMK dan kerja sama secara vertical adalah dengan lembaga di bawahnya ( SMP dan MTs) sebagai pemasok siswa dan dengan lembaga vertical AKPER sebagai pengguna lulusan. .
Latar Belakang

Secara historis cikal bakal Pondok Pesantren Alhikmah berdiri tahun 1911 M. KH. Kholil bin Mahali pulang dari Tholabul ‘ilmi di beberapa pesantren . Melihat kondisi masyarakat yang masih awam akan pengetahuan agama, beliau dengan metode bil hikmati wal mau’idhotil hasanah (metode bijaksana dan nasihat yang baik) serta keikhlasan berdakwah mengadakan pengajian di rumah penduduk, di surau-surau dan dikediaman beliau sendiri yang sekaligus menjadi pusat kegiatan dakwah sekaligus pondok bagi santrinya.
Menyusul kemudian pada tahun 1922 M KH. Suhaemi bin Abdul Ghoni sepulang dari Masjidil Haram Makkah bahu membahu dengan KH Kholil mengubah keadaan masyarakat Benda dalam pendidikan dengan mendirikan Madrasah Ibtidaiyah pada tahun 1930.
Dalam masa kemerdekaan PP Alhikmah mengalami kegoncangan bahkan nyaris mengalami kehancuran. Pada saat santri bersama dengan masyarakat ikut berjuang melawan penjajah. Diantara pengasuh dan asatidz yang gugur dan ada pula yang diasingkan .
Penerus perjuangan pendiri PP Pesantren Alhikmah adalah KH. Shodiq dan KH Masruri. Di bawah asuhan beliau PP Alhikmah berkembang besar dengan didirikannya lembaga-lembaga seperti : MTs, Madrasah Diniyah dan Wustho (1965), Madrasah Muallimin dan Muallimat (1966), Madrasah Aliyah (1967), SMP (1978), SMU (1993) SMK (1996) dan AKPER (2002)
VISI

Menjadi madrasah yang tumbuh dan berkembang bersama masyarakat, unggul dalam IPTEK serta menciptakan anak-anak bangsa yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.
MISI

Madrasah Aliyah Alhikmah 2 Terpadu sebagai wahana yang menyiapkan siswa bermutu, berwawasan IMTAK dan IPTEK serta siap mandiri di masyarakat melalui peningkatan mutu dan tenaga kependidikan yang berdedikasi tinggi, pengembangan kurikulum,optimalisasi fasilitas, system pelayanan yang professional, penggalian serta pengelolaan sumber dana secara maksimal dan proporsional sehingga mampu bersaing dalam era AFTA dan AFLA
Tujuan

Mencetak lulusan dengan kompetensi sebagai berikut :

1. Memiliki kemampuan agama yang memadai, yang diukur dengan kemampuan membaca dan memahami buku-buku agama baik yang klasik maupun yang kekinian.
2. Memiliki kemampuan akademik yang bagus sehingga siap melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri maupun swasta yang favorit.
3. Mampu mandiri dan berwirausaha di tengah masyarakat dengan bekal keterampilan yang dikuasai.

Program Kegiatan

Madrasah Aliyah Alhikmah 2 Terpadu adalah madrasah yang Full Day School. Lama kegiatan belajar mengajar dari jam 07.00 sampai dengan 14.30. Untuk kelas satu dan tiga masuk pagi yakni jam 07.00 s.d jam 12.55 untuk belajar intra kurikuler. Sedangkan jam 14.00 s.d 16.30 untuk mengikuti salah satu spesifikasi yang dipilih meliputi Komputer, Bahasa Inggris, Perikanan, Pengelasan, dan Tata Busana.
Kurikulum Lokal

Madrasah Aliyah Alhikmah 2 Terpadu merupakan perpaduan dari tiga jenis kurikulum yaitu : kurikulum nasional, kurikulum pesantren, dan kurikulum keterampilan. Kurikulum pesantren meliputi nahwu shorof, Fiqih madzhabi, dan Fiqih sunnah. Kurikulum keterampilan disusun oleh PPGT Bandung, PPGT Pertanian Cianjur, dan PPG Sawangan. Sedang untuk B. Inggris dan Komputer menyesuaikan dengan model kursus.
Sarana dan Fasilitas Pendidikan

1. LAB. BAHASA DAN TEATER
2. DUA BUAH LAB. KOMPUTER DAN INTERNET
3. WORK SHOP PENGELASAN
4. WORK SHOP TATA BUSANA
5. WORK SHOP PERIKANAN
6. PERPUSTAKAAN


Pengajian Abah




Kajian

* Pengajian Abah
* Serambi Gus
* Elwaha
* Kajian Fiqih
* Kajian Tafsir
* Kajian Tasawuf
* Ekonomi Islam
* Ilmu Falak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar